Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang terhubung langsung, dengan menggunakan kabel crossover atau wirelles dan juga menggunakan perantara hub/switch. Manfaat jaringan peer to peer ini adalah Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk. Di sini saya akan menjelaskan cara membangun jaringan peer to peer yang sangat sederhana dengan menggunakan 2 komputer.



Langkah-langkah membangun jaringan peer to peer :

Siapkanlah 2 PC (Personal Computer)
Kabel CROSS
Hubungkan 2 komputer dengan kabel cross, kemudian setting IP Address komputer tersebut. Cara Setting IP address : Clik tombol Start > Control panel > Network and internet connection > Network connection > Properties pada local area connection > Internet protocol (TCP/IP) klik 2 kali atau properties > Klik Use the following IP address > Isikan IP address dan subnet mask, di sini biasanya subnet mask terisi otomatis sesuai dengan kelas IP yang kita isikan > Kemudian lakukan hal yang sama pada komputer yang satunya dengan membedakan IP addressnya. Berikut gambarnya :
Kemudian kita tes ping atau tes apakah komputer 1 dengan komputer 2 sudah terhubung. Dengan cara : Klik tombol Start> Run > Ketik cmd > Ketik ping ip komputer lawannya, begitu juga sebaliknya. Contoh “ping 192.169.10.1”. Jika sudah terhubung maka statusnya sebagai gambar berikut :
Terhubunglah jaringan peer to peer anda, dengan demikian anda sudah menghubungkan komputer 1 dengan komputer 2. Dengan demikian anda dapat melakukan chat, saling sharing data, sharing printer, dan bermain game.
subscribe

Subscribe

Monitor continues to update the latest from This blog directly in your email!

oketrik

0 komentar to Jaringan Peer to Peer :

Posting Komentar

 
ABHE LEVITOV Design by Trick and Tips Powered by Blogger